sdnpangkah04

Home » Uncategorized » UPACARA MERUPAKAN WAHANA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

UPACARA MERUPAKAN WAHANA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

Calendar

April 2012
M T W T F S S
« Mar   Oct »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Galeri Lukisan

Galeri Lukisan Online mitra SD Pangkah 04

Dapatkan koleksi lukisan indah

Perlengkapan Sekolah

jasa etsa sedia perlengkapan sekolah mitra sd pangkah 04

Etsa, plakat, piagam, samir wisuda

Blog Stats

  • 62,715 hits

Archives

oleh : Sarjono, S.Pd

Penyerahan Tropy kejuaraan Lomba Cerita Bergambar tingkat Kabupaten Tegal oleh Sarjono, S.Pd (KS SDN Pangkah 04) kepada Nara Angelina S

Penyerahan Tropy kejuaraan Lomba Cerita Bergambar tingkat Kabupaten Tegal oleh Sarjono, S.Pd (KS SDN Pangkah 04) kepada Nara Angelina S

Persoalan budaya dan karakter bangsa kini menjadi sorotan tajam masyarakat. Sorotan itu mengenai berbagai aspek kehidupan, tertuang dalam berbagai tulisan di media cetak, wawancara, dialog, di media elektronik. Selain di media massa, para pemuka masyarakat, para ahli, dan para pengamat pendidikan, serta pengamat sosial berbicara mengenai persoalan budaya dan karakter bangsa di berbagai forum seminar, baik pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Persoalan yang muncul di masyarakat seperti korupsi, kekerasan, kejahatan seksual, perusakan, perkelahian massa, kehidupan ekonomi yang konsumtif, kehidupan politik yang tidak produktif, dan sebagainya menjadi topik pembahasan hangat di berbagai kesempatan. Kondisi yang demikian banyak ditudingkan oleh kalangan mereka merupakan kegagalan pendidikan kita. Dimana pendidikan kurang memberikan penekanan tentang pendidikan budaya karakter di sekolah.
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) merumuskan fungsi dan tujuan pendidikan nasional yang harus digunakan dalam mengembangkan upaya pendidikan di Indonesia. Pasal 3 UU Sisdiknas menyebutkan, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Tujuan pendidikan nasional itu merupakan rumusan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu, rumusan tujuan pendidikan nasional menjadi dasar dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa.
Salah satu inplementasi pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah adalah upacara bendera yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin. Sepintas upacara hanya kegiatan rutin yang hanya biasa saja dilaksanakan, tetapi jika kita cermati lebih jauh kita bisa mengetahui sejauh mana tingkat kedisiplinan, dan sejauh mana pendidikan karakter dilaksanakan di sebuah sekolah dapat dilihat dari kualitas pelaksanaan upacara yang dilaksanakan. Upacara merupakan cerminan pendidikan karakter dari sebuah sekolah. Banyak nilai – nilai yang dapat dikembangkan melalui kegiatan ini.
Dikatakan banyak manfaat yang diambil dari kegiatan upacara bendera antara lain : pertama, memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan bangsa dan negara kita. Mereka adalah orang yang patut kita teladani karena telah mengorbankan jiwa dan raga, membangun pondasi bangsa ini sehingga menjadi bangsa yang besar. Kita mungkin masih ingat tentang peribahasa yang mengatakan “ Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan “.
Manfaat kedua, melalui kegiatan upacara bendera di sekolah dapat memupuk rasa cinta tanah air, memupuk kedisiplinan siswa yang bermuara pada kerelaan anak – anak kita selalu patuh terhadap aturan yang berlaku di sekolah ,berkorban untuk orang lain dan lebih luas demi bangsa dan negara. Ketiga, upacara merupakan wahana untuk menyampaikan informasi sekolah dan menjabarkan berbagai kebijakan sekolah yang harus dilaksanakan bersama, juga tempat kita menyampaikan pesan untuk memompa semangat belajar siswa kita. Demikian saratnya makna upacara dalam pengembangan pendidikan karakter anak – anak kita sehingga setiap kali pembina menyampaikan amanatnya pasti diawali dengan harapan untuk terus meningkatkan kualitas pelaksanaan upacara.
Untuk mewujudkan kualitas pelaksanaan upacara bendera yang baik, ada beberapa perangkat yang harus diperhatikan yaitu pastikan sarana yang dibutuhkan dalam upacara telah siap untuk digunakan. Kedua, pastikan petugas upacara telah dilatih dengan baik oleh bapak dan ibu guru, dan siap menjadi petugas upacara. Dalam hal kesediaan sebagai petugas, nilai yang terkandung yaitu akan memupuk rasa tanggung jawab dan percaya diri untuk melaksanakan tugas. Sedangkan yang ketiga, pastikan peserta upacara telah memiliki pendidikan tentang baris berbaris, sehingga mampu memposisikan sebagai peserta upacara yang baik.
Jika ketiga hal di atas telah siap maka akan tercermin kualitas upacara yang kita harapkan. Dan tetap kami optimis apapun yang kita lakukan dengan kesungguhan hati pasti akan tersirat nilai – nilai positif yang kita harapkan. Mari kita tanamkan nilai – nilai budaya karakter bangsa melalui kegiatan upacara bendera di sekolah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: